Tuesday, December 8, 2009

BIKA AMBON



Dari namanya...kita berpikir kalo kue ini berasal dari Ambon...ehh ternyata salah, kue ini aslinya dari kota Medan. Sebenernya bikin bika ambon ini gampang-gampang susah...kalo dibilang gampang karena semua bahannya ga' ada yg istimewa semua bisa didapat di pasar, di bilang susah...karena cara dan tekhnik memanggang kue ini yg agak lain dari pada yang lain.


Aku aja belajar kue ini sebenernya udah lama banget...tapi karena udah pernah gagal 2 kali bikin malezz untuk coba lagi. Secara kue bika ambon ini bahan yg dipake boros telor gitu loh.... Sampe' suatu saat temen aku ada yg mo pesen. Dari situ aku terpacu lagi untuk trial kue yg satu ini.


Setelah cari tau lagi dari "guru" aku, baru deh sadar kalo selama ini cara panggang yang aku lakukan salah. Yaaahhhh...kenapa ga' dari dulu aja ya...ya sudah lah tidak ada kata terlambat buat belajar. Alhamdulillah!!...bikin yg ke-3 kali ini aku baru berhasil. Waaawww...seneng bukan main...finally I made it.




Bahan  :
  1. 300 cc Kuning Telur = 15 Kuning Telur
  2. 500 gr Sagu Tani
  3. 500 gr Gula Pasir
  4. 500 cc Santan kental dari 2 bh kelapa + 50 cc air + 5 buah daun jeruk masak sampe matang
  5. 350 cc Air Kelapa
  6. 1 sdt Ragi


Cara Membuatnya  :
  1. Gula + Kuning Telur + Sagu uleni jadi satu.
  2. Lalu masukkan santan yg sudah dimasak dan air kelapa pelan2x, aduk rata.
  3. Tambahkan ragi, aduk rata.
  4. Tunda adonan selama 4-5 jam.
  5. Siapkan loyang yang sudah dipoles minyak atau mentega.
  6. Panggang dengan suhu 160 api bawah, letakkan loyang diatas pasir setinggi 2 cm.
  7. Oven biarkan terbuka sedikit, agar terbentuk sarang selama 50 menit.
  8. Nyalakan api atas, tutup oven, panggang lagi selama 10 menit.
  9. Angkat, keluarkan dari loyang selagi masih hangat.
  10. Potong dan sajikan sesudah dingin.


No comments:

Post a Comment