Thursday, November 5, 2009

CHIFFON KETAN HITAM
























Chiffon ketan hitam pertama aku kenal itu dari Bandung. Waktu itu memang lagi booming cake ini. Rasanya itu menurut aku unik, legit dan gurih. Mungkin karena terbuat dari ketan hitam itu kali ya...

Tapi sayangnya waktu itu di Jakarta masih jarang yang jual, jadi kalo lagi pengen cake yg satu ini musti agak ditahan karena musti nunggu nitip saudara atau temen yg mo pergi ke Bandung. Akhirnya ....sekali waktu aku lihat jadwal kursus dimana aku sering menimba ilmu ini ngadain kelas kursus cake 'Chiffon Ketan Hitam' ini.

Jadilah aku belajar...pada waktu kursus ngeliat cara bikin kue ini kok kayanya gampang banget. Nggak pake nunggu-nunggu lagi besoknya aku langsung praktekin di rumah. Alhamdulillah...berhasil, mungkin karena masih nempel banget tuh ilmu di kepalaku. Ehhh...sekali waktu aku coba bikin lagi....hah!!! ternyata gagal...hiks!

Karena bikin cake ini memang tricky, terutama waktu ngocok putih telurnya itu. Kadang suka over ngocoknya, kadang kurang ngocoknya..kalo over ngocoknya begitu dicampur dengan adonan tepung dia akan menggumpal dan nggak lama kemudian kalo dituang ke dalam loyang chiffon adonannya akan mencair dan akhirnya keluar deh dari loyang chiffon yg bongkar pasang. Kalo kurang ngocoknya, Chiffonnya kurang ngembang.

Hah...pokoknya kalo mo bikin cake ini masih suka stress apalagi kalo udah mulai mo nyampur putih telurnya. Tapi sekarang udah ga...hehehehe....karena udah belajar dari pengalaman2x sebelumnya. Bisa karena biasa....

Bahan :
  1. 150 gr Gula Pasir
  2. 75 cc Minyak
  3. 2 sm Susu Kental Manis
  4. 1/2 st Double Acting
  5. 150 gr Tepung Ketan Hitam
  6. 200 cc Putih Telur
  7. 100 cc Air
  8. 4 Butir Kuning Telur
  9. 1/2 st Cream of Tar Tar
  10. Sedikit Vanillie

Cara Membuatnya :
  1. Putih telur, gula , double acting dan cream of tar tar di kocok hingga soft peak.
  2. Tepung ketan hitam, garam, minyak, air, susu kental manis aduk hingga rata di tempat terpisah, lalu masukkan adonan putih telur kedalam adonan tepung.
  3. Aduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan ke dalam loyang Chiffon ukuran 22/ 24 (bongkar pasang dan bisa di balik) tanpa dipoles mentega.
  5. Panggang dengan temp. 170 selama 60 menit hingga matang.
  6. Keluarkan dari chiffon dari oven, kemudian balik loyangnya.
  7. Keluarkan cake pada waktu sudah dingin dengan menggunakan pisau bergerigi.


No comments:

Post a Comment